Daftar Latihan Rohani

Romo Paul Suparno SJ. memberikan Latihan Rohani Dalam Refleksi melalui serial video Latihan Rohani. Kami berharap latihan rohani mudah dipahami dan seakan-akan kita mendengarkan langsung Romo dan duduk bersama dengannya; seperti yang biasa kami lakukan di CLC baik di pertemuan kelompok besar maupun kelompok kecil.

Menjelang 31 Juli 2020, mari kunjungi dan ikuti video-video Latihan Rohani ini, setiap hari Minggu, melalui akun Instagram CLC Indonesia. Bila Anda tidak memiliki akun Instagram, Anda juga bisa menyimaknya melalui halaman-halaman web ini di bawah ini.


Ada beberapa pertanyaan terkait Latihan Rohani yang biasanya muncul. Kami ingin sedikit membahasnya di sini.

Latihan Rohani itu apa?

Latihan Rohani Santo Ignatius Loyola, adalah sebuat proses pengolahan dan pembentukan diri. Dalam dunia spiritual, kita biasa menamakannya sebagai Retret.

Namun lebih dari itu, Latihan Rohani Ignatian, berlaku sebagai pegangan, budaya dan cara hidup. Setidaknya itu yang CLC lakukan dalam komunitas kami selama lebih kurang 450 tahun.

Bagaimana proses mengenal Latihan Rohani ini?

Proses untuk mengenal Latihan Rohani tentunya banyak, mulai dari buku, renungan, refleksi, retret, rekoleksi, video dan kegiatan komunitas, meditasi-kontemplasi, latihan doa dasar dan lainnya.

Namun untuk sungguh menjalani Latihan Rohani Ignatian, kita butuh persiapan diri dan pengkondisian yg cukup dalam dan panjang.

Latihan Rohani seolah Materi pembelajaran. Alur pembelajaran yang panjang dan bertahap, dengan berbagai Metode yang relevan.

Saya ingin memulai Latihan Rohani. Apa yang bisa saya lakukan untuk mempersiapkan diri saya?

Dalam komunitas kami, CLC, kami mengenal Sharing dan Refleksi, sebagai pintu pertama dan utama untuk kami mendalami cara hidup kami yang mengacu pada Latihan Rohani. Bisa menjalankan sharing dan refleksi dengan baik, maka kita siap memulai perjalanan Latihan Rohani Ignatian.

Apakah ada kegiatan lain selain sharing dan refleksi?

Ya, kami juga melakukan examen, latihan doa dasar, meditasi-kontemplasi, journaling, traveling, exposure, retret, rekoleksi, olah raga, misa, dan semua hal yang terkait dengan Latihan Rohani kami. Namun sekali lagi, metode adalah metode, bisa beragam, namun proses Latihan Rohani bicara lebih dalam daripada sekedar metode.

Apa bedanya antara CLC dengan komunitas lainnya dalam latihan rohani?

Lain komunitas, mungkin beda proses dan pintu masuk, dalam komunitas kami, sharing dan refleksi (yang baik dan benar) adalah pintu masuknya. Ini yang pertama kami kenali dan lakukan.

Proses panjang Latihan Rohani mengundang kami, untuk menempatkan Asas dan Dasar-nya, sebagai Asas dan Dasar kami, dalam menjalankan hidup kami di keseharian.

Saya masih punya pertanyaan tentang Latihan Rohani dan CLC. Saya bisa mengirimkan pertanyaan melalui apa?

Pertanyaan bisa disampaikan melalui DM (Direct Message) akun Instagram CLC Indonesia. Silakan bertanya.