Renungan Harian: 27 November 2022

Renungan Harian
Minggu, 27 November 2022

Bacaan I: Yes. 2:1-5
Bacaan II: Rm. 13:11-14a
Injil: Mat. 24:37-44

Menikmati dengan sadar

Pertama kali saya menempuh perjalanan dari Tahura Djuanda ke Maribaya adalah saat saya SD dalam salah satu kegiatan Pramuka. Saat itu saya bersama regu kami berkumpul di Tahura, dan memulai perjalanan menembus Gua Belanda.

Saya rasa saya hanya menikmati perjalanan dari titik kumpul sampai Gua Belanda. Setelah itu, jalur menanjak dan hutan yang cukup basah membuat perjalanan menjadi terlalu menantang. Saya ingat saat sampai di titik akhir, kami berkegiatan disana. Lalu saat akan pulang kami harus mendaki lagi menuju pintu keluar Jalan besar Maribaya.

Saat ditanya orang tua saya di rumah, saya tidak punya banyak cerita, selain sepatu yang kotor dan rasa lelah. Saat itu, tantangan dan ketakutan akan rute, serta target mencapai puncak dengan cepat, membuat saya tidak sadar dengan apa yang ada disekitar, dan tidak menikmati proses yang terjadi.

Tapi berbeda dengan perjalanan perjalanan selanjutnya. Saya tidak dibutakan oleh ketakutan, target dan kecepatan. Saya menjadi sadar akan berbagai tumbuhan dalam hutan, keunikan beberapa tanaman, sungai yang mengalir dibawah rute perjalanan, penangkaran rusa, bahkan belakangan dengan munculnya beberapa kios, saya dan teman teman sampai paham kios mana yang menyajikan pisang bakar terbaik, gorengan ternikmat, dan posisi duduk yang nyaman untuk berkumpul.

Kita sering dibutakan banyak hal, yang membuat kita tidak sadar dan tidak dapat menikmati akan apa saja yang ada dihidup kita. Kita sibuk dengan rutinitas, tapi tidak menyadari apa yang sebenarnya kita lakukan. Kita bekerja, tapi tidak sadar untuk apa, dan sebagai Kristiani, kita tidak sadar, dimana Tuhan di hari hari kita.

Memasuki masa Adven ini, Tuhan mengingatkan kita untuk selalu sadar dan berjaga, agar setiap langkah hidup kita, menjadi berkat dan kita selalu siap menyambut Tuhan.

Karena itu berjaga-jagalah, sebab kamu tidak tahu pada hari mana Tuhanmu datang. Tetapi ketahuilah ini: Jika tuan rumah tahu pada waktu mana pada malam hari pencuri akan datang, sudahlah pasti ia berjaga-jaga, dan tidak akan membiarkan rumahnya dibongkar. Sebab itu, hendaklah kamu juga siap sedia, karena Anak Manusia datang pada saat yang tidak kamu duga.”

Memaknai hidup dengan sadar, berjaga dan menanti Tuhan dengan sabar, bersiaga, dan berjaga

Selamat Tahun Baru Kalender Liturgi

Greg Tjai

Anda juga bisa membaca Renungan Harian melalui akun Instagram CLC Indonesia. Silakan kunjungi dan follow Instagram CLC Indonesia. 
Iklan