Renungan Harian: 24 November 2022

Renungan Harian
Kamis, 24 November 2022

Bacaan I: Why. 18:1-2,21-23; 19:1-3,9a
Injil: Luk. 21:20-28

Ruang kosong

Dalam sebuah proses kelayakan mengajar di sebuah institusi, saya harus mempelajari beberapa modul dan bersiap untuk serangkaian pelatihan dan ujian, sebelum nantinya dapat mengajar ditempat tersebut. Banyak bahan yang disiapkan, dan kami perlu menguasainya karena kami dipersiapkan untuk mengajarkannya nanti.

Bahan dalam bahasa Inggris membuat beban jadi bertambah. Bukan sekedar mempelajari, tapi ada beban untuk memahami konteks bahasa dan penggunaan yang paling tepat dalam bahasa Indonesia. Dalam proses, kami ditemani Trainer yang akan memeriksa setiap tahap pencapaian kami dan melakukan test diakhir setiap tahap.

Sekali waktu dalam pembahasan materi akhir, pelatih kami berbagi tentang persiapan diri

“Kalian tahu apa yang akan membuat kita bisa siap terhadap apapun yang akan terjadi didepan nanti? Terutama saat bertemu dengan berbagai macam peserta, dari berbagai level jabatan dan karakter?

Bersiap dengan setengah perencanaan ( have half the plan).

Yah mungkin itu terdengar bertolak belakang dengan persiapan yang kita lakukan sekarang, yang menuntut kalian memperhatikan setiap menit yang berjalan. Tapi yang saya maksud adalah, selalu tanamkan dalam benak kalian, bahwa semua dapat berubah. Kadang kita malah khawatir dan bingung serta cemas, saat persyaratan mengharuskan kita detail, namun perubahan dari luar mendesak kita. Maka tanamkan dalam benak kalian, bahwa saya sudah siap dengan penguasaan materi, dan saya juga siap saat perubahan dan penyesuaian diperlukan.

Buat saya pribadi, saya selalu membayangkan, selalu ada ruang kosong yang dapat kita isi dengan hal hal tak terduga.

ruang kosong ini memberi saya harapan dan keyakinan, bahwa kalau yang terburuk terjadi saya masih ada harapan untuk bergerak, dan berlindung.

have half the plan” katanya mengingatkan kami

Saya terkesan pada pesannya, sulit bagi saya untuk menerapkannya, tapi sangat masuk akal. Saat bersiap untuk setiap hal tak terduga dan selalu ingat akan harapan yang selalu ada, ini sangat menenangkan.

Bukankah juga menenangkan hati, saat kita membaca Injil hari ini yang memberi ruang kosong dari segala kepenatan kita, sebuah harapan dari segala beban dan ancaman yang sedang atau akan kita hadapi.

Pada waktu itu orang akan melihat Anak Manusia datang dalam awan dengan segala kekuasaan dan kemuliaan-Nya. Apabila semuanya itu mulai terjadi, bangkitlah dan angkatlah mukamu, sebab penyelamatanmu sudah dekat.

Ingatlah, Tuhan akan datang menemani dan menyelamatkan kita, lewat setiap hal dan orang yang ada disekitar.

Jangan hilang harapan, karena Dia ada.

Greg Tjai

Anda juga bisa membaca Renungan Harian melalui akun Instagram CLC Indonesia. Silakan kunjungi dan follow Instagram CLC Indonesia. 
Iklan