Renungan Harian: 10 November 2022

Renungan Harian
Kamis, 10 November 2022

Bacaan I: Fil 1:7-20
Injil: Luk. 17:20-25

Kerajaan Allah

“Ternyata tidak mudah yah kak” sahut seorang adik di komunitas, saat proses dampingan Pilar Spiritualitas, tahap 2 ‘Spiritualitas Ignasian dalam Komunitas’, dengan materi bantu ‘General Principles and General Norms of Christian Life Community’ (Prinsip Prinsip Umum dan Norma Norma Umum CLC)

Saat itu kami membahas Point 4 Prinsip Umum, tentang Karisma CLC

“Komunitas kami terdiri dari umat Kristiani: laki-laki dan perempuan, tua dan muda, dari semua latar belakang sosial, yang ingin mengikuti Yesus Kristus lebih dekat dan bekerja bersamaNya untukmembangun Kerajaan Allah, dan yang telah mengenal CLC sebagai karya khusus dalam Gereja.

Kami ingin menjadi umat Kristiani yang bertanggung jawab dalam menjadi saksi kemanusiaan dan nilai injili di tengah Gereja dan masyarakat, membawa pengaruh pada martabat pribadi, keselamatan keluarga, dan keutuhan ciptaan. Kami secara khusus sadar akan kebutuhan yang mendesak untuk berkarya demi keadilan melalui keberpihakan pada kaum miskin, dan akan melaksanakan hidup sederhana sebagai ungkapan kebebasan dan solidaritas kami bersama mereka.

Untuk mempersiapkan anggota kami lebih efektif memberikan kesaksian dalam karya perutusan, terutama di lingkungan kehidupan kami sehari-hari, kami mengumpulkan dalam komunitas, pribadi-pribadi yang merasakan adanya kebutuhan lebih mendesak untuk menyatukan seluruh dimensi hidup kemanusiaan dalam kepenuhan iman Kristiani menurut kharisma kami. Kami berupaya menyatukan hidup ini dengan menanggapi panggilan Kristus dari tengah dunia dimana kami hidup.”

“Kalau terus dibaca saja, memang sulit, saya juga selalu merasa berat tiap kali membaca GP kita ini. Tapi lalu saya memutuskan untuk tidak berhenti di membaca. Dan lakukan saja dari hal-hal kecil yang saya bisa, entah itu tepat atau tidak, yang penting kita coba.

Membangun relasi egaliter dan berkeadilan dan berkesetaraan gender. Berusaha melakukan kebaikan dan menyebar kepeduliaan pada issue kemanusiaan,lingkungan hidup, sesederhana apapun. Hidup sederhana dan berpihak pada pengentasan kemiskinan.

Itu sebabnya, saya terus belajar dan mendukung gerakan Keadilan dan kesetaraan gender, Ajaran Sosial Gereja, go green, donor darah sebisa saya, menabung dan mengelola keuangan di Koperasi yang mengangkat Ekonomi kerakyatan, untuk mengentaskan kemiskinan.

Apa yang kita lakukan, adalah upaya membangun kerajaan Allah bagi semua orang, dan semua dimulai dari diri kita pribadi. Tanpa perlu merancang hal besar yang sulit dan rumit, tapi justru dari cara hidup kita.

Kita coba jalankan bersama yah, saya juga terus belajar dan mencoba menjadi bagian dari karisma kita di CLC” saya berbagi malam itu. Sebuah sharing sekaligus peneguh diri, karena sering juga gagal dan tak mampu menjalankannya.

Sebab sesungguhnya Kerajaan Allah ada di antara kamu

Semoga kita bisa terus bersama Kristus membangun Kerajaan Allah, lewat setiap tindakan kita.

Greg Tjai

Anda juga bisa membaca Renungan Harian melalui akun Instagram CLC Indonesia. Silakan kunjungi dan follow Instagram CLC Indonesia. 
Iklan