Refleksi Sahabat CLC – “ DEVOSI ITU DIALOG; BUKAN MONOLOG ”

Dalam rangka ikut merayakan Tahun Ignasian (20 Mei 2021 – 31 Juli 2022) dan juga untuk menyambut Bulan Rosario, kami sajikan tulisan refleksi Sahabat CLC: Rm. Agustinus Setyodarmono, SJ atau yang biasa disapa dengan Rm. Nano SJ dengan judul tulisan “Devosi Itu Dialog; Bukan Monolog”.

Rm. Nano yang setelah selama 11 tahun menjadi Magister Novisiat St. Stanislaus Kostka Girisonta, sejak 2 Agustus 2021 menjalani perutusan baru yaitu bertugas sebagai Koordinator Formasi Awam Sahabat Ignatius, tinggal di Rumah Retret Sangkalputung, Klaten.

Selamat membaca dan berefleksi.

Ad Maiorem Dei Gloriam.

IgnatiuS00

DEVOSI ITU DIALOG; BUKAN MONOLOG

P. Agustinus Setyodarmono, SJ

Saya bukan pendoa rosario yang baik. Rasanya garing kalau berdoa rosario. Pendoa setia doa Malaikat Tuhan setiap jam 12.00 dan 18.00? Tidak juga. Saya juga bukan penghayat doa novena Salam Maria. Kering rasanya. Monolog.

Ada 2 cara yang saya nikmati sebagai cara berelasi dengan Bunda Maria. Cara 1 berakar pada pengalaman masa kecil jalan kaki ke Sendangsono mulai dari pinggir jalan raya Slanden pada tahun 1980-an. Mobil parkir di tepi jalan. Orangnya berjalan. Di bulan Mei biasanya musim hujan. Kondisi jalan masih dari tanah. Belum diaspal. Akibatnya jalanan becek, berlumpur dan licin. Peziarah terpeleset jatuh karena jalan licin adalah pemandangan biasa. Di kanan kiri jalan ada cukup banyak penjual tongkat bambu. Ada deretan pengemis meminta sedekah dari peziarah yang berjibaku dengan kondisi jalan yang licin. Ada penjual bengkoang, timun, kesemek (atau kledung, atau apel genit).

Berjalan kaki penuh perjuangan dari Slanden ke Gereja Paroki Promasan adalah etape 1. Etape 2 adalah mengikuti jalan salib Tuhan Yesus mulai dari Gereja Paroki Promasan ke Sendangsono. Rasanya lebih real mengikuti jalan salib itu karena kondisi jalan: becek, berlumpur dan licin. Saya belajar yang namanya ziarah itu adalah berlelah-lelah jalan kaki, sambil ndremimil doa Salam Maria, plus merenungkan jalan salib Tuhan Yesus.

Sampai di Sendangsono, istirahat. Ekaristi. Makan bekal yang dibawa dari rumah: arem-arem, teh manis, telur rebus. Perjalanan kembali ke mobil di bawah tetap sama: becek, berlumpur dan licin. Inilah miniatur hidup: becek, berlumpur dan licin. Dengan restu dan doa dari Bunda Maria, insyaallah tidak jatuh. Kalaupun jatuh, ada banyak teman seperjalanan yang murah hati membantu bangun lagi.

Cara kedua adalah membaca kisah-kisah Bunda Maria yang dituliskan oleh para penginjil. Matius dan Lukas menuliskan kisah awal Bunda Maria menerima kabar gembira, melahirkan di Betlehem, mengungsi ke Mesir, kembali ke Palestina sampai kisah-kisah di bawah salib Tuhan Yesus.

Cara 1 membaca: membayangkan hadir dalam peristiwa-peristiwa yang dikisahkan membuat saya merasakan yang dialami Bunda Maria. Cara ini membuat saya merasa dekat dengannya.

Cara 2 membaca: menggunakan kisah-kisah yang dialami Bunda Maria terjadi dalam hidup pribadi saya atau orang lain yang dekat dengan saya. Cara ini membantu saya untuk merasakan bahwa Bunda Maria menyertai perjalanan hidup saya.

2 cara ini membantu saya merasakan yang namanya: dialog dan bukan monolog.

Jakarta, 27 September 2021

nanosj


Lampiran :

MATERI ppt tentang Devosi Bunda Maria

MENG-IMITASI MARIA – Sebuah Cara Berdevosi

Lampiran Tambahan :

KEGIATAN-KEGIATAN DALAM KAITAN TUGAS PERUTUSAN SEBAGAI KOORDINATOR FORMASI AWAM SAHABAT IGNATIUS, sejak 2 Agustus 2021.

KEGIATAN BERSAMA KOMUNITAS SAHABAT IGNATIUS :
SCHOOLED BY THE SPIRIT (SBS),
CHRISTIAN LIFE COMMUNITY (CLC),
LATIHAN ROHANI PEMULA (LRP),
MITRA IGNASIAN,
IGNATIAN TALK -YAYASAN SESAWI,
SAV PUSKAT -BINCANG MoTv,
dll.

SOON
(YouTube) (BERSAMA SBS) Schooled By The Spirit (SBS) -THE SHADOW / Angk.IV – 24 Oktober – 12 Desember 2021, via zoom

(BERSAMA CLC) Hadir dalam acara Pertemuan Pengurus, dll CLC Lokal Yogyakarta -“Mengenal lebih jauh CLC”, Senin, 20 September 2021, via zoom.

(BERSAMA CLC) Hadir dalam acara CLC Lokal Jakarta -“KETERPURUKAN YANG MEMBANGKITKAN”, Minggu, 18 Juli 2021, via zoom

(YouTube) Latihan Rohani Pemula (LRP) -Ngobrol tentang Pengambilan Keputusan Secara Ignatian Bersama Rm. Nano SJ -9 September 2021, via zoom

( Latihan Rohani Pemula / LRP ) Memberikan Peneguhan pada acara Pleno Penutupan Latihan Rohani Pemula Season5 , Minggu, 12 September 2021, via zoom.

KEGIATAN PROMPANG (PROMOSI PANGGILAN) SJ

(YouTube) PROMPANG SJ -Rangkaian Kegiatan AYOK (A Joyful Vocation Week 2021; Tim Promosi Panggilan dari Lembaga Hidup Bakti (Ordo Religius, Tarekat, Kongregasi) dan Diosesan, 2021, via zoom

30 Jui 2021

22 April 2021

15 Juni 2021

(YouTube) Mitra Ignatian HSPMTB -Peran Bunda Maria dalam Hidup Yesus: Minggu, 23 Mei 2021 via zoom.



(YouTube) Yayasan Sesawi -IGNATIAN TALK .. Spiritualitas Hati : 10 April 2021, via zoom.

(YouTube) Yayasan Sesawi -IGNATIAN TALK .. Mistik Ignatius Loyoloa (part2) : 7 November 2020, via zoom.
Link : https://www.youtube.com/watch?v=vzPmTyvjFpo

Mistik Santo Ignatius Loyola (part2) 7 November 2020

(YouTube) Yayasan Sesawi -IGNATIAN TALK .. Mistik Ignatius Loyoloa (part1) : 3 Oktober 2020, via zoom.

3 Oktober 2020

(YouTube) SAV Puskat .. Bincang MoTv bersama Rm. Agustinus Setyodarmono, SJ (part2) : 5 September 2020.

(YouTube) SAV Puskat .. Bincang MoTv bersama Rm. Agustinus Setyodarmono, SJ (part1) : 29 Agustus 2020.

(YouTube) Tempat Doa dan Semadi Bukit Kendalisodo – Stasi Maria Assumpta Glodogan, Paroki Girisonta, Ajakan untuk Berbagi, 28 Agustus 2020, via zoom.

Sumber : https://www.facebook.com/LatihanDoaDanHidupRohani/photos/a.1760328837392961/4285102308248922/