Renungan Harian: 3 Mei 2021

Renungan Harian
Senin, 03 Mei 2021
Pesta S. Filipus dan Yakobus Rasul

Bacaan I: 1Kor 15: 1-8
Injil: Yoh. 14: 6-14

Pekerjaan

Beberapa waktu yang lalu berita politik Indonesia heboh dengan berita kunjungan Presiden Joko Widodo ke proyek Hambalang. Sebagaimana diketahui bersama bahwa proyek Hambalang, digagas dan mulai dilaksanakan pada masa pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Proyek itu menjadi mangkrak karena diduga uang untuk proyek sudah habis dikorupsi. Bahkan Korupsi proyek itu menyeret nama-nama penting dalam pemerintahan pada waktu itu dan para petinggi partai Demokrat.
 
Kunjungan Presiden Jokowi ke Hambalang ditafsirkan macam-macam, baik yang menafsirkan sebagai tindakan simbolik, ada juga yang menafsirkan bahwa ada usaha untuk menghidupkan kembali proyek itu. Pada intinya umumnya menafsirkan kunjungan itu sebagai bagian “perang” politik.
 
Lepas dari tafsiran para pengamat politik dan juga tidak ingin masuk dalam wilayah itu, mangkraknya  proyek Hambalang dilihat sebagai noda hitam dalam pemerintahan SBY. Keberhasilan sebuah pemerintahan diukur dari hasil pekerjaan yang dilakukan oleh pemerintah pada masa pemerintahannya. Semakin banyak pekerjaan yang berguna bagi bangsa dan rakyat maka semakin berhasil pemerintah yang berkuasa.
 
Kiranya penilaian seperti itu tidaklah aneh, karena seorang pribadi pun akan dinilai berdasarkan apa yang sudah dikerjakan. Semakin banyak hasil karya seseorang yang berguna dan dapat dinikmati orang lain maka semakin hebat seseorang dinilai oleh orang lain. Dengan kata lain pekerjaan seseorang sering kali menjadi ukuran kualitas pribadi seseorang.
 
Sebagaimana sabda Tuhan hari ini sejauh diwartakan dalam injil Yohanes ukuran seseorang sebagai orang yang percaya pada Yesus adalah pekerjaannya. Sejauh mana seseorang melakukan pekerjaan-pekerjaan yang dikehendaki Tuhan. “Aku berkata kepadamu: sesungguhnya, barangsiapa percaya kepadaKu, ia akan melakukan pekerjaan-pekerjaan yang Aku lakukan, bahkan pekerjaan-pekerjaan yang lebih besar dari pada itu.”
 
Bagaiman dengan aku? Pekerjaan apa yang telah aku kerjakan?
 
Iwan Roes RD.

Anda juga bisa membaca Renungan Harian melalui akun Instagram CLC Indonesia. Silakan kunjungi dan follow Instagram CLC Indonesia.