Renungan Harian: 13 Maret 2021

Renungan Harian
Sabtu, 13 Maret 2021

Bacaan I: Hos. 6: 1-6
Injil: Luk. 18: 9-14

Mengenal

Suatu pagi saya kedatangan tamu pasangan suami istri yang baru 3 bulan lalu saling menerimakan sakramen perkawinan bersama orang tua dua belah pihak. Setelah berbasa-basi sebentar, bapak dari mempelai pria bicara:
“Romo, kami sengaja datang menghadap untuk mohon nasehat bagi anak-anak kami. Kami para orang tua ini terkejut dan shock ketika mereka datang dan mengatakan mau berpisah. Hidup perkawinan mereka masih seumur jagung romo, kenapa mereka cepat-cepat memutuskan untuk berpisah.
 
Kami para orang tua ini berkumpul untuk menasehati mereka. Kami minta mereka sabar, dan berjuang untuk saling mengenal lebih dalam. Mungkin selama pacaran mereka sudah mengenal tetapi masih permukaannya saja. Ketika mereka mulai hidup bersama baru menyadari ada banyak perbedaan sehingga membuat mereka sering ribut.
 
Kami menasehati mereka berdasarkan pengalaman kami, dulu kami juga terkejut dengan perbedaan dan segala hal baru tentang pasangan  yang sebelumnya tidak kami tahu dan kenal. Kami menuruti nasehat orang tua kami, agar selalu sabar, mengalah dan berjuang untuk terus saling mengenal. Bahkan kami sampai usia segini masih berjuang untuk mengenal pasangan kami.
 
Romo, kami juga mengatakan untuk mengenal itu butuh usaha, butuh perjuangan, dan pengorbanan bahkan butuh air mata juga. Kalau hanya sambil lalu dan mengandaikan gak akan terjadi. Namun tampaknya nasehat kami kurang berdaya, kiranya kalau romo yang menasehati akan lebih mantap” bapak itu menjelaskan maksud kedatangannya.
 
“Saya mengamini, nasehat orang tua kalian. Maka sekarang tugas kalian bukan berpikir untuk berpisah, tetapi menjalankan nasehat orang tua kalian yang luar biasa itu. Selalu belajar untuk mengenal, usahakan, perjuangkan dan kalau harus berkorban serta banjir air mata jalani,“ nasehat saya kepada kedua pasangan itu.
 
Kiranya nasehat para orang tua sebagaimana dituturkan bapak tadi: “Untuk mengenal butuh usaha, butuh perjuangan dan pengorbanan bahkan air mata” adalah nasehat yang amat baik bagi hubunganku dengan Tuhan. Sering kali usahaku mengenal Tuhan  hanya sambil lalu dan mengandaikan saja sehingga tidak menjadi semakin mendalam.
 
Sebagaimana sabda Tuhan hari ini sejauh diwartakan nabi Hosea: “Marilah kita mengenal dan berusaha sungguh-sungguh mengenal Tuhan. Ia pasti muncul seperti fajar, Ia akan datang kepada kita seperti hujan, seperti hujan pada akhir musim yang mengairi bumi.”
 
Bagaimana dengan aku? Adakah aku telah berusaha dan berjuang mengenal Tuhan?
 
Iwan Roes RD.

Anda juga bisa membaca Renungan Harian melalui akun Instagram CLC Indonesia. Silakan kunjungi dan follow Instagram CLC Indonesia.