Renungan Harian: 6 Maret 2021

Renungan Harian
Sabtu, 06 Maret 2021

Bacaan I: Mi. 7: 14-15.18-20
Injil: Luk. 15: 1-3. 11-32

M a a f

Beberapa waktu yang lalu, sering muncul di media sosial, orang yang mengunggah video yang berisi ujaran kebencian yang ditujukan untuk institusi pemerintah, baik sipil maupun militer, atau untuk orang tertentu. Biasanya video itu menjadi viral karena menjadi  berita di media sosial juga. Setelah pengunggah dan biasanya adalah pelaku video ujaran kebencian itu ditangkap, pelaku akan meminta maaf, mengaku salah, khilaf dan berjanji  tidak akan mengulangi perbuatannya lagi.
 
Pola permintaan maaf setelah ditangkap selalu berulang sehingga bila muncul unggahan video ujaran kebencian, banyak orang berkomentar bahwa sebentar lagi setelah ditangkap akan minta maaf dan mengaku khilaf. Membaca komentar banyak orang berkaitan dengan pola seperti itu menunjukkan adanya ketidak percayaan banyak orang akan kesungguhan dan ketulusan orang yang meminta maaf itu.
 
Sudah barang tentu amat sulit untuk menilai kesungguhan dan ketulusan orang yang meminta maaf. Namun demikian, banyak orang mempertanyakan apakah mereka itu (para pelaku) akan meminta maaf seandainya tidak ditangkap? Artinya mereka meminta maaf karena ada tekanan, “dipaksa” meminta maaf atau mereka meminta maaf karena takut dengan hukuman.
 
Sabda Tuhan hari ini, sejauh diwartakan dalam injil Lukas mengingatkan dan menegaskan permohonan maaf dan sikap tobat bersumber pada pengalaman cinta. Kesadaran akan kesalahan diri bukan karena ada paksaan atau tekanan, akan tetapi bersumber pada pengalaman cinta yang selama ini dialami telah hilang. Sehingga permintaan maaf dan pertobatan karena adanya kerinduan untuk mengalami kembali cinta yang hilang itu. “Betapa banyak orang upahan bapaku yang berlimpah-limpah makanannya, tetapi di sini aku mati kelaparan.”
 
Bagaimana dengan aku? Apakah pertobatanku bersumber pada pengalaman cinta?
 
Iwan Roes RD.

Anda juga bisa membaca Renungan Harian melalui akun Instagram CLC Indonesia. Silakan kunjungi dan follow Instagram CLC Indonesia.