Renungan Harian: 18 Juli 2020

Renungan Harian
Sabtu, 18 Juli 2020

Bacaan I: Mi. 2: 1- 5
Injil   : Mat. 12: 14-21

Nglambrang

Saya ingat pada waktu masih novis, setiap kali habis memberi puncta (pokok-pokok renungan) untuk  doa besok pagi, Pater Magister selalu berpesan agar sebelum tidur mengingat pokok-pokok doa dan besok pagi begitu bangun segera memikirkan pokok-pokok doa.
 
Pada waktu itu hal itu sungguh-sungguh kulakukan karena khawatir kalau besok pagi doanya jadi berantakan dan tidak bisa menuliskan refleksi doa. Saya merasa sering kali tertidur karena bosan mengingat-ingat bahan doa.
 
Pengalaman masa novisiat yang seringkali aku jalankan dengan rasa takut sekarang aku petik manfaatnya. Betapa penting setiap kali aku mau tidur aku mengingat-ingat niat-niat baik apa yang hendak kulakukan esok hari, dan begitu bangun aku segera mengingat-ingat niat baik yang hendak kulakukan sehingga hari itu menjadi keputusan untuk kujalankan.
 
Pada saat hendak tidur seringkali pikiran jadi “nglambrang” (pikiran kemana-mana tak ada juntrungannya) tidak jarang membuat sulit tidur. Pikiran yang “nglambrang” seringkali menjadi sumber kekhawatiran, kecemasan dan ketakutan. Pikiran yang “nglambrang” seringkali menjadikan kita seolah-olah telah menyelesaikan banyak hal padahal semua masih utuh belum tersentuh. Pikiran yang “nglambrang” tidak jarang juga menjadi awal dari sebuah tindakan jahat.
 
Pikiran yang “nglambrang” pada saat mau tidur muncul begitu saja. Banyak orang sudah akan tidur tetapi tidak segera lelap, nah pada saat itulah pikiran jadi “nglambrang”. Dan apabala sudah mulai tidak tahu bagaimana mengakhirinya.
 
Pelajaran berharga yang kuterima  di novisiat adalah setiap mau tidur memikirkan rencana-rencana baik dan niat-niat baik yang akan kujalankan esok hari; begitu aku bangun segera memikirkan rencana-rencan dan niat-niat baik yang sudah kuputuskan untuk kujalankan hari ini. Harapannya dengan hari baru dan semangat baru, niat-niat itu menjadi hasratku untuk kujalankan hari ini.
 
Iwan Roes RD.

Anda juga bisa membaca Renungan Harian melalui akun Instagram CLC Indonesia. Silakan kunjungi dan follow Instagram CLC Indonesia.