Renungan Harian : 22 Juni 2020

Renungan Harian
Senin, 22 Juni 2020

Bacaan I   :  2Raj. 17: 5-8.13-15a.18
Injil      :  Mat. 7: 1-5

Bergosip

Bergosip menunjuk kegiatan dua orang atau lebih yang membicarakan orang lain yang tidak ada dalam kelompok itu. Kata bergosip punya konotasi negatif karena apa yang menjadi pembicaraan adalah kejelekan orang lain.
 
Bergosip bisa sekedar berbagi informasi tentang kejelekan orang lain yang sumbernya sering kali tidak dapat dipertanggung jawabkan. Akan tetapi  bergosip bisa juga menjadi pengadilan. Mereka yang terlibat bergosip telah berperan sebagai jaksa penuntut , saksi dan hakim sementara yang diadili tidak hadir dan tidak ada pembelanya.
 
Bergosip bagi kebanyakan orang adalah kegiatan yang menyenang dan menjadi hiburan. Bergosip menjadi kegiatan yang menyenangkan bukan hanya karena mendapatkan informasi baru, tetapi lebih dari itu bergosip membuat egoku terhibur. Dengan bergosip, seseorang menempatkan diri sebagai orang benar dan orang lebih baik dari orang yang sedang dibicarakan. Maka dengan bergosip aku sedang menutupi kelemahan diriku.
 
Bergosip di era digital  menjadi semakin dahsyat baik dari sisi pelaku maupun akibatnya. Kalau masa sebelumnya gosip hanya diketahui oleh mereka yang bergosip dan dijaga kerahasiaanya, sekarang gosipnya diunggah ke media sosial dan yang ikut bergosip lebih banyak orang, bahkan di antara mereka yang tidak saling kenal. Dan celakanya gosip itu terus menerus diwartakan agar semakin banyak orang ikut bergosip dengan tujuan agar gosip itu menjadi sebuah fakta kebenaran. Akibatnya orang yang digosipkan sudah diadili oleh massa dan sudah diputus bersalah dengan kekuatan kebenaran publik.
 
Sabda Tuhan hari ini sejauh diwartakan Matius, mengkritik keras tindakan-tindakan seperti itu: “Hai orang munafik, keluarkanlah dahulu balok dari matamu sendiri, maka engkau akan melihat dengan jelas untuk mengeluarkan selumbar dari mata saudaramu.”
 
Diakui atau tidak kebanyakan dari kita lebih menyukai bergosip, dari pada membicarakan kebenaran dan mengakui kehebatan orang lain.
 
Iwan Roes RD.

Anda juga bisa membaca Renungan Harian melalui akun Instagram CLC Indonesia. Silakan kunjungi dan follow Instagram CLC Indonesia.